1 Ilmu Fokus Agar Bisnis Menjadi Besar

Pernahkah saat memulai bisnis banyak sekali ide-ide cemerlang bermunculan? ditambah dengan gairah yang menggebu-nggebu seakan tak bisa dikendalikan. Ya seperti itulah darah semangat usaha mengalir dalam tubuh pebisnis pemula.

Ada peluang, langsung disambar, tanpa pikir apakah bisa dijalankan atau tidak. Apalagi setelah sadar, ternyata kita terjebak dalam usaha multi level marketing yang sesat. atau investasi bodong yang bikin kita bengong, karena uang yang dihabiskan tidak kembali 1 sen pun.

Gairah atau semangat muda tak ada yang salah, tapi harus bisa dikendalikan seperti mengendalikan kuda yang kencang larinya. Sekencang apapun semangat,apabila tak dikendalikan justru akan menjadi bomerang, yang bisa melukai atau menghancurkan kita. Begitu pun kuda yang sedang lari, jika bisa dikendalikan dan diarahkan, pasti kuda tersebut akan lari sesuai medan yang ditentukan sampai mencapai garis finish.

Dalam berbisnis pun demikian, agar kita tetap fokus pada tujuan, alangkah baiknya jika kita terus mengingat kalimat dibawah ini:

Innamal a’maluu binniyah (Sesungguhnya, perbuatan itu tergantung dari niat)

Ya, niat. adalah modal awal agar kita bisa tetap fokus pada tujuan bisnis yang dilakukan. Apabila bisnis yang dibangun didasari atas niat yang buruk, tentu saja bisnis tersebut akan membawa kehancuran bagi nya, sebaliknya apabila bisnis yang dibangun didasari dengan niat yang baik, maka bisnis tersebut akan menyelamatkannya sekaligus bisa menjadi penolong orang lain.

Sebenarnya, niat saja tidaklah cukup untuk mengantarkan bisnis kita pada kesuksesan, tetapi harus diberi tambahan berupa “tekad yang kuat.” Dengan tekad yang kuat, kita tidak akan pernah merasakan lelahnya berjuang, berjihad, untuk membesarkan sebuah bisnis.

Dan yang terakhr, agar tekad yang kuat itu tidak berakhir dengan keputusasaan, maka langkah terakhir adalah “bertawakal atau menyerahkan semuanya pada Allah.” Faidzaa azamta fatawakkal ‘alaAllah (Dan apabila engkau telah berazam/bertekad, maka bertawakallah kepada Allah).

Dengan demikian, kita bisa simpulkan, bahwasanya 1 kekuatan fokus dibentuk dari 3 unsur, yaitu niat, tekad, dan tawakal. Semoga kita bisa meluruskan niat bisnis/usaha kita, agar bisnis yang akan menjadi besar ini membawa kemaslahatan dan bisa menjadi alat untuk lebih dekat lagi pada Sang Khaliq. InshaAllah Amiin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *