3 Standart Operating Procedure Fundamental (SOPF) dari Tuhan

3 Standart Operating Procedure Fundamental (SOPF) dari Tuhan

Setiap sesuatu yang dikerjakan, agar mencapai tujuan butuh yang namanya SOP alias Standart Operating Procedure. SOP sangat penting untuk memastikan sesuatu yang dikerjakan itu sesuai dengan aturan dan ukuran. Bagaimana jadinya, jika pekerjaan yang dilakukan tanpa adanya SOP? tentu pekerjaan tersebut tidak akan mencapai pada tujuan utamanya.

SOP adalah sebuah proses, prosedur, atau langkah-langkah yang berurutan untuk mencapai sebuah tujuan. Dalam sebuah bisnis, sukses tidaknya bisnis, bisa terlihat dari SOP yang diterapkan. Perusahaan yang gagal pun bisa terdeteksi dari SOP yang diberlakukan.

Banyak dari kita yang membuat SOP begitu seksama, sempurna, dan luar biasa prosesnya. Namun, sehebat apapun SOP yang kita buat, pasti akan tetap gagal jika sebelumnya kita tidak mempersiapkan Standart Operating Procedure Fundamental. Apa itu SOPF?

Pengertian Standart Operating Procedure Fundamental

SOPF merupakan dasar penting untuk mensukseskan setiap pekerjaan kita. SOPF ini bisa diterapkan dibidang apa saja, entah pemerintahan, pendidikan, dan bisnis. Dan Standart Operating Procedure Terbaik sepanjang sejarah adalah Al-Qur’an.

Sebagai pengusaha muslim, wajib hukumnya untuk mengikuti SOP yang termaktub didalam Al-Qur’an. Setidaknya, kita akan bahas secara singkat, ada 3 Standart Operating Procedure fundamental yang jika diterapkan akan menjadikan bisnis kita berkah dan pasti akan membesar.

1.Belajar

Ayat pertama turun adalah Bacalah! Dalam sebuah bisnis, sebelum kita mengerjakan atau memulai usaha, agar tidak bangkrut pastikan kita sudah membaca. Membaca apa? tentu saja membaca peluang. Banyak bisnis yang hancur ditengah jalan karena tidak pernah membaca peluang. Asal buka, asal jalan tanpa adanya SOPF yang jelas.

Oleh sebab itu, baca lah peluang, analisa pasar, siapkan data, pastikan strategi. Bacalah! yang berarti juga pahamilah, dan belajarlah sebelum memulai bisnis. Mempersiapkan ilmu pengetahuan sebelum berbisnis akan menambah tingkat kesuksesan. InshaAllah.

2.Timing

Waktu begitu penting, untuk menentukan kesuksesan dalam bisnis. Ada orang yang suka menunda-nunda mengeksekusi, dan ada pula yang begitu tergesa-gesa dalam menjalankannya. Begitu sempurna Al-Qur’an mengatur waktu untuk kita semua.

Ada sumpah Tuhan kepada waktu, wal asr (demi masa) sungguh manusia itu sangat merugi kecuali :

  • orang yang percaya akan potensi dirinya
  • oran yang percaya akan pertolongan-Nya
  • orang yang sesegera mungkin untuk melakukan sesuatu yang baik
  • orang yang tidak takut untuk melakukan yang sesuai dengan prosedur Qur’an
  • dan orang yang menjalankan bisnisnya atau usahanya dengan hati yang sabar dan ikhlas.

Waktu inilah yang harus benar-benar kita manfaatkan, hanya orang gagal yang tidak pernah menafaatkan waktu sebaik-baiknya. Kenapa harus menunda-nunda, jika bisnis yang kita dirikan untuk kepentingan banyak orang? Jangan mau jadi orang rugi!!

3.Melakukan perbaikan

Tidak ada yang sempurna ketika kita melakukan aktifitas tertentu. Pasti akan ada kesalahan demi kesalahan, tetapi jangan takut, karena sebaik-baik kesalahan adalah yang segera diperbaiki.

Membangun sebuah bisnis sama halnya dengan membangun sebuah rumah. Memperkuat pondasi dahulu, kemudian membuat tiang-tiangnya, dan sebagainya. Kita pasti tau, rumah yang dibangun dengan tidak memperhatikan bagian-bagiannya pasti akan mudah roboh. Seperti itulah bisnis.

Kendala pasti ada, mungkin ada kesalahan pada tools,harus segera diperbaiki agar tidak mengganggu aktiftas bisnis. Mungkin disisi lain ada kesalahan yang dilakukan oleh SDM, atau bahkan kesalahan bisa terjadi pada owner bisnis. Yang terpenting, ketika kesalahan sudah terlihat, harus segera diperbaiki.

Kesimpulannya adalah

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki prosedur syar’i dalam aktifitasnya.

Kita bisa melihat bagaimana Tuhan membuat SOP terhadap ciptaan-Nya. Kita ambil contoh, bagaimana terjadinya hujan,hujan terjadi karena adanya proses yang tertentu. Bagaimana tumbuhan bisa berbunga, bagaimana bayi bisa terlahir, semua terjadi karena adanya standart operational procedure dari Tuhan, yang bisa disebut dengan sunnatullah.

Kita harus sering memahami Qur’an untuk diaplikasikan dalam kehidupan. InshaAllah, dengan mengikuti SOPF dari Tuhan, maka bisnis tidak hanya sukses didunia melainkan bisa sukses diakhrat, tak hanya menjadi orang yang sukses tetapi juga menjadi orang yang bermanfaat bagi semuanya. Sekali lagi, boleh kaya tapi wajib taqwa.

Salam Kaya tapi Taqwa | wiyoko corporation

Similar Posts
2 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Kekayaan
2 Alasan Kenapa Kita Harus Memiliki Kekayaan
Sebenarnya kaya bukanlah prioritas dalam kehidupan, namun kekayaan itu adalah alat untuk beribadah. Jika kita lebih memilih miskin daripada kaya,...
4 Jalur Sukses yang Sempurna dari Manusia Sempurna
4 Jalur Sukses yang Sempurna dari Manusia Sempurna
Menjadi sukses adalah idaman setiap orang. Sukses dari segi financial, keluarga, beragama, bernegara dan sebagainya. Tidak ada patokan orang sukses...

There are no comments yet, add one below.

Leave a Reply


Name (required)

Email (required)

Website